Jajaran DPRD Apresiasi Positif Capaian Prestasi Pemkot Semarang di Bawah Kepemimpinan Mbak Ita

oleh

SEMARANG – Kota Semarang telah meraih 30 penghargaan dalam kurun hampir satu tahun kepemimpinan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Di bawah komando Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita, Kota Semarang memborong puluhan penghargaan berbagai bidang.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Sodri mengapresiasi prestasi kepemimpinan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang meraih 30 penghargaan dalam kurun waktu hampir setahun.

Sodri mengatakan, capaian perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut dapat menjadi motivasi daerah lain agar meningkatkan kinerja yang berorientasi untuk masyarakat.

“Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah bisa menjadi percontohan daerah-daerah lain,” kata Sodri, di Kota Semarang, Kamis (4/1/2024).

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Semarang itu menyebut, banyak hal peningkatan yang dilakukan Ita.

Dia memberikan fokus perhatian terhadap capaian penghargaan dalam bidang pelayanan publik. Seperti di antaranya penghargaan badan publik informatif dari Komisi Informasi Provinsi Jateng.

“Saya sebagai mitra pemerintah melihat langsung banyak peningkatan banyak hal, apalagi terkait pelayanan publik,” ujarnya.

Menurutnya, capaian tersebut dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas, menjadi tantangan serta melahirkan inovasi lebih banyak.

“Sebagai penghargaan, juga sebagai tantangan, jangan sampai tahun ini skornya malah turun,” katanya.

Dikatakan, Kota Semarang akan berjalan optimal mana kala di dalamnya ada partisipasi aktif dari masyarakat.

Meski begitu, dalam kacamatanya, Pemerintah Kota Semarang sudah lebih terbuka terkait peran masyarakat terhadap pembangunan yang sedang berlangsung.

“Masyarakat saya kira mulai terbantu dengan fasilitas seperti Sapa Mbak Ita. Mbak Ita ini terlihat responsif, bisa melanjutkan estafet kepemimpinan dengan baik,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim. Menurutnya prestasi yang didapat Kota Semarang harus bisa memacu semangat dalam perbaikan tata pemerintahan.

“Termasuk juga dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat, karena itu merupakan salah satu hal pokok dan substansial,” tegas politisi Partai Gerindra ini.

Sebagai informasi, penghargaan yang diterima Kota Semarang tahun 2023 di antaranya penghargaan dari Komisi Informasi untuk Badan Publik Informatif dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro sebagai penyedia fasilitas kesehatan terbaik.

Selain itu Kota Semarang menyabet penghargaan Universal Health Coverage (UHC) melalui program Pangeran Diponegoro.

Lalu, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori tertinggi “Mentor atau Pratama” dalam membangun pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penghargaan APE ini merupakan penghargaan ketiga yang berhasil diraih Kota Semarang.

Juga menerima penghargaan daerah ramah perempuan dan layak anak (DRPLA) 2023 karena dinilai mempunyai komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, pemberdayaan, dan perlindungan hak perempuan, serta perlindungan anak.

Kota Semarang yang masuk nominasi TPID kabupaten/kota berkinerja terbaik kawasan Jawa-Bali ini juga ditetapkan terbaik I dalam penghargaan kategori Gerakan Pangan Murah.

No More Posts Available.

No more pages to load.