Tips Bikers #Cari_aman Bikers Merayakan Pergantian Tahun

oleh

SEMARANG – Merayakan pergantian tahun baru menjadi euphoria seluruh masyarakat dunia termasuk Indonesia sendiri.

Berbagai macam perayaan diselenggarakan sekedar tanda bersuka cita dan bersyukur memulainya tahun baru.

Untuk bertemu dengan keluarga terkasih ataupun saat berjalan-jalan bersama keluarga ke luar kota, bikers perlu untuk memerhatikan tips berkendara aman saat merayakan tahun baru:

1. Mempersiapkan diri

Dalam berkendara ditahun baru membutuhkan fisik dengan stamina yang baik agar melakukan kegiatan dengan positif dan menyenangkan.

Mental bikers dalam menghadapi dinamika perjalanan dalam merayakan tahun baru juga perlu pengelolaan mental yang baik menghadapi lalu lintas yang pasti padat dan perilaku pengguna jalan lainnya yang beragam.

2. Mempersiapkan motor dalam kondisi baik

Kendaraan motor penting diperiksa mulai dari bagian-bagian roda, bagian sistem pengereman, bagian sistem lampu, serta mesin sebelum melakukan perjalanan agar tidak ada kendala saat melakukan perjalanan panjang.

Pastikan kendaraan memiliki persediaan bahan bakar yang cukup menghindari habis waktu saat mengisi bahan bakar.

3. Memiliki perencanaan yang pasti

Mengandalkan maps online, bikers kerap kali dihadapkan situasi diarahkan ke jalanan yang sepi guna mempercepat perjalanan, namun hal ini bisa berbahaya bila bikers tidak mengenal daerah yang akan dilalui karena berpotensi masuk ke daerah minim penduduk, hutan, jalan sempit, dan lainnya.

Ada baiknya mempertimbangkan arah perjalanan dan tujuan, mengingat rute-rute favorit akan ramai, padat hingga macet.

Faktor cuaca hujan juga perlu dipertimbangkan walaupun BMKG Provinsi Jawa Tengah memperkirakan kondisi tanggal 31 Desember 2023 akan cerah berawan hingga hujan ringan sedang dibeberapa wilayah Jawa Tengah, bersiaplah dengan jas hujan.

4. Antisipasi situasi

Saat berkendara disiang hari, terik panas matahari bisa membuat bikers berkeringat lebih sehingga meningkatkan risiko dehidrasi.

Untuk mencegahnya, banyak-banyaklah minum air selama melakukan perjalanan panjang disiang hari.

“Menyenangkan merayakan pergantian tahun baru, selalu #Cari_aman kemanapun pergi, utamakan selamat, tetap fokus dan konsentrasi berkendara, jaga jarak aman, hormati sesama pengguna, patuhi aturan dan rekayasa pengalihan atau pengamanan jalur jalan oleh pihak berwajib. Selamat Tahun Baru 2024,” ujar Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto.

No More Posts Available.

No more pages to load.