Polda Jateng Imbau Masyarakat Waspadai Ancaman Penyebaran Covid-19 Eris

oleh

SEMARANG – Polda Jateng mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan guna menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Hal ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19.

Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti mengatakan berdasar data Kementrian Kesehatan menunjukkan bahwa kasus Covid-19 Eris (Sub Varian EG.5 dan EG.2) mengalami lonjakan yang cukup signifikan di Indonesia.

“Berdasarkan informasi yang diperoleh, Covid-19 Eris ini masih merupakan turunan dari varian Covid-19 Omicron, tetapi memiliki penularan yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Gejalanya pun relatif ringan yaitu, batuk, pilek, demam, mual, muntah. Sedangkan keluhan hilangnya indra penciuman dan perasa relatif lebih jarang ditemukan.

Meski demikian, dia mengimbau agar masyarakat tidak menyepelekan, terutama bagi orang yang lanjut usia serta bagi mereka yang mempunyai penyakit kronis atau bawaan karena Covid-19 Eris ini bisa menjadi berbahaya dan mengancam nyawa penderitanya.

Adapun langkah yang perlu dilakukan bila merasakan gejala tidak enak badan seperti batuk, pilek, demam, agar segera memakai masker dan mengurangi kontak dengan sekitar.

“Jangan lupa segera periksa ke dokter atau klinik untuk menentukan diagnosa yang tepat atas penyakit yang diderita,” tuturnya.

Dia juga meminta masyarakat yang belum sempat mendapatkan vaksin, agar mendatangi fasilitas kesehatan setempat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 ataupun Vaksin C 19 Boster ke-4.

Sementara Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto meminta masyarakat untuk tidak panik. Dia juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan bersama menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Tidak perlu panik, mari jaga diri kita dan orang-orang tersayang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga perayaan Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi tiba kita semua diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama keluarga dalam suasana penuh kebahagiaan,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.