Ini Komitmen Polda Jateng di Tahun 2024

oleh

SEMARANG – Untuk memberikan gambaran kegiatan kepolisian yang telah dilakukan, Polda Jateng menggelar kegiatan Rilis Akhir Tahun 2023 yang diselenggarakan di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Jumat (29/12/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi didampingi Wakapolda Brigjen Pol Agus Suryonugroho dan seluruh PJU Polda Jateng. Turut hadir pula sejumlah pimpinan media dan puluhan awak media yang tergabung dalam media mitra Polda Jateng.

Mengawali sambutannya, Kapolda memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, TNI dan pemerintah yang telah membantu terciptanya harkamtibmas di Jateng sepanjang tahun 2023.

“Telah banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh Polda Jateng. Hal tersebut tidak akan terwujud tanpa dukungan dari seluruh stakeholder terkait dan peran serta media massa yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan Polri, khususnya Polda Jateng,” kata Kapolda.

Kapolda berkomitmen di tahun 2024 mendatang pihaknya siap mewujudkan pemilu yang damai dan lebih baik memberikan pelayanan serta pengabdian yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga diungkapkan gambaran secara umum situasi kamtibmas di wilayah Jateng yang terbagi dalam berbagai aspek yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan.

“Terkait dinamika kamtibmas di wilayah Jateng mengalami peningkatan sebagai imbas meningkatnya situasi politik di masa kampanye pemilu. Untuk mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai, Polda Jateng menggelar Operasi Mantap Brata guna mengamankan Pilpres 2024 yang akan dilanjutkan Operasi Mantap Praja terkait Pilkada di wilayah,” ujarnya.

Meningkatnya dinamika masyarakat tersebut juga membuat kejadian kriminalitas baik umum maupun khusus mengalami peningkatan diantaranya premanisme, penipuan, pemerasan, serta kejahatan di bidang cyber dengan modus yang berubah-ubah.

Untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat, Kapolda telah memerintahkan jajarannya untuk upaya penegakan hukum dan memberikan tindakan tegas terukur bagi para pelaku kejahatan.

“Saya ingin para pelaku kejahatan tidak ada ruang untuk melakukan aksinya di wilayah Jateng,” tegasnya.

Saat ini pihaknya juga menggelar Operasi Lilin Candi 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Selain kegiatan ibadah masyarakat, aktifitas masyarakat selama masa liburan Nataru juga menjadi prioritas pengamanan.

“Terkait pengamanan malam tahun baru, tidak hanya kegiatan ibadah namun kegiatan masyarakat di sejumlah tempat hiburan dan keramaian juga menjadi perhatian kami,” lanjutnya.

Pihaknya juga menegaskan komitmen untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap lima proyek strategis nasional di wilayah Jateng yaitu Tol Solo-Jogja, Tol Bawen-Jogja, Tol Semarang-Demak, Bendungan Bener dan Bendungan Jragung.

Untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian di Jateng pada tahun 2024, Kapolda menuturkan akan mengedepankan sinergitas antar satuan Forkopimda dan TNI secara tegas, humanis dan merakyat.

“Tegas kepada para pelaku kejahatan yang telah meresahkan masyarakat dan personel menyimpang yang mencederai hati masyarakat. Humanis dengan memposisikan Polri sebagai pelayan masyarakat. Serta merakyat, dengan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mendengar aspirasi dan keluhan masyarakat secara langsung,” jelasnya.

Guna terwujudnya komitmen tersebut, Kapolda memohon dukungan doa dan pengawasan kepada seluruh masyarakat Forkompimda Provinsi Jateng, tokoh, aktivis, LSM, ormas, buruh, mahasiswa, dan segenap elemen masyarakat lainnya sehingga Polda Jateng mampu menjadi Polri yang presisi.

“Kami mohon dukungan, doa, serta pengawasan agar komitmen ini dapat selalu kami pegang teguh sehingga Polda Jateng betul-betul mampu melaksanakan tugasnya menjadi pelayan setia masyarakat sebagaimana transformasi menuju Polri yang presisi,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.