Penanaman 10 Juta Pohon Serentak, Kapolda Jateng Pimpin Penanaman Ribuan Pohon di Lahan Kritis

oleh

SEMARANG – Polda Jateng melakukan penanaman sebanyak 35.000 bibit pohon.

Penanaman di lingkungan Polda Jateng dipusatkan di Mako K9 Dit Samapta Polda Jateng, Aspol Banyumanik I Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Rabu (15/11/2023).

Di lokasi tersebut ditanam 1.000 bibit pohon yang dibarengi kegiatan serupa di masing-masing polres di jajaran Polda Jateng dengan total 34.000 bibit pohon.

Dihadapan Kapolri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) melalui teleconference, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi memaparkan kegiatan yang telah dilakukan guna mendukung program Ekonomi Hijau (Green Economy) yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pertama Kapolda menjelaskan terkait program Mageri Segoro yakni penanaman mangrove di pantai utara (pantura) sepanjang wilayah Jateng dimulai sejak Oktober 2021.

Kemudian, program Go Green yaitu akselerasi penanaman pohon di seluruh mako polres, mako polda, mako polsek bahkan asrama.

Sedangkan dalam penanaman pohon kali ini bagian dari kerjasama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) .

Selain PJU Polda Jateng kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari PJ Gubernur Jateng dan Kodam IV/Diponegoro termasuk Ketua BNN Provinsi Jateng berikut Kabinda dan seluruh kementerian terkait.

“Dalam rangka penanaman 10 juta pohon serentak, hari ini kita melakukan penanaman pohon di Mako K9 Dit Samapta Polda Jateng, Aspol Banyumanik yang lokasinya sangat strategis dengan alasan di wilayah kita adalah daerah industri,” ujar Kapolda.

Pihaknya mengklaim, telah fokus melakukan penghijauan di wilayah Jateng baik dari pesisir maupun lahan kritis.

“Ini semua kita akselerasi melalui kerjasama dengan perhutani Jateng maupun dari kementerian lingkungan hidup dalam mendukung program penanaman pohon,” tutur Kapolda.

No More Posts Available.

No more pages to load.