Wakil Ketua PDIP Jateng Apresiasi Pembangunan Infrastruktur di Wonosobo

oleh

WONOSOBO – Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Sofwan Dedy menyatakan jalan raya adalah salah satu faktor penting dalam roda ekonomi.

Hal tersebut karena jalan merupakan faktor penentu jalur transportasi suatu daerah dan distribusi barang.

Sofwan memberi kesan positif kepada Bupati Wonosobo karena mulai fokus memberi prioritas pembangunan infrastruktur jalan dalam 3 tahun terakhir, yang juga memiliki dampak positif pada sektor wisata.

“Jalan-jalan yang baik dan terkoneksi dengan baik memudahkan akses ke tujuan wisata, memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi tempat-tempat baru, dan meningkatkan mobilitas wisatawan. Dengan begitu otomatis roda perekonomian disegala sektor bisa berkembang,” kata Sofyan saat ditemui awak media.

Namun begitu sofwan mengakui bahwa dana pembangunan infrastruktur dan pemeliharaan jalan raya sangatlah besar dan dapat membebani pemerintah daerah setempat.

“Ada banyak cara agar pembenahan dan pemeliharaan infrastruktur jalan, salah satunya seperti yang dilakukan Pemkab Wonosobo dengan mengajukan program hibah jalan daerah (PHJD),” ujarnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Wonosobo mendapatkan dana PHJD dalam 3 tahun terakhir.

PHJD adalah program dari pusat dipruntukan untuk daerah disekitar kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Hal tersebut juga diungkap oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat bahwa Kabupaten Wonosobo telah mendapatkan dana PHJD sebanyak 3 tahap.

“Benar kita telah menerima dana PHJD dalam 3 tahun terakhir. Tahun ini kita mendapatkan Rp35 miliar dan merupakan program terakhir dari PHJD, sedangkan di tahun tahun 2022 kita mendapat Rp31 miliar serta tahun 2021 Rp23 miliar,” ungkap Afif.

Dikatakan Afif dana PHJD tersebut digunakan untuk pembangunan serta pemeliharaan jalan yang ada di Kabupaten Wonosobo.

“Perlu diketahui, panjang total pengerjaan jalan dari dana PHJD di Kabupaten Wonosobo selama 3 tahun terakhir mencapai 108 km,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.