Polda Jateng Amankan Pelaku Penimbun BBM Solar Bersubsidi di Brebes

oleh

SEMARANG – Ditreskrimsus Polda Jateng berhasil mengungkap kasus dugaan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar di Kabupaten Brebes. Satu orang diamankan.

Solar subsidi itu diperoleh dengan cara dibeli menggunakan jerigen dari dua SPBU di wilayah Brebes.

Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio mengatakan pengungkapan berawal dari adanya informasi BPH Migas terkait adanya dugaan penyalahgunaan BBM subsidi di wilayah Brebes, dimana SPBU menjual solar subsidi tidak sesuai peruntukannya.

“Setelah dilakukan penyelidikan pada 7 September 2023 petugas menemukan ada tiga unit sepeda motor melakukan pengisian BBM solar subsidi lalu ditimbun di gudang di wilayah Bulakamba. Kami amankan pria berinisial AB asal Brebes,” ujar Dirreskrimsus, saat jumpa pers, Senin 30 Oktober 2023.

Dia menambahkan modus operandi pelaku, dimana ada seseorang menggunakan motor membeli solar subsidi di dua SPBU dengan menggunakan surat rekomendasi dinas dan mengisi pakai jerigen.

“Tersangka sudah beroperasi sejak Juni 2023 dan solar tersebut dijual kembali dengan harga solar industri kepada nelayan di wilayah Tegal,” tutur Kombes Pol Dwi.

Dari tangan pelaku petugas mengamankan sejumlah barang bukti pendukung yakni solar subsidi 11 ton, truk tangki kapasitas 8.000 liter, satu pick up, termasuk pompa BBM. Pihaknya pun telah memeriksa 18 saksi termasuk dari tim ahli migas.

“Pelaku kita jerat dengan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling tinggi Rp60 miliar,” ujar Dirreskrimsus.

No More Posts Available.

No more pages to load.