Sambut Hari Sumpah Pemuda, Dekranasda dan Pemkot Semarang Gelar Kompetisi Kita Pemuda

oleh

SEMARANG – Untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang bersama Pemkot Semarang akan menggelar Kita Pemuda (Kompetisi Kreativitas dan Kepedulian Kawula Muda) Kota Semarang.

Acara ini untuk mencari dan memilih pemuda berprestasi tingkat Kota Semarang.

Ketua Dekranasda Kota Semarang, Alwin Basri menegaskan, Kita Pemuda Kota Semarang adalah kompetisi pemuda dalam rangka bulan Pemuda yang menampilkan kecerdasan, kreativitas, kemandirian, gotong royong, yang secara konkret menginspirasi pemuda dan masyarakat di sekitar.

Khususnya untuk melakukan terobosan, tindakan dan perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar.

“Hal ini untuk menggelorakan semangat berkarya di kalangan pemuda, menemukan pemuda yang memiliki potensi karya inovasi, serta mewujudkan pemuda yang mampu merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah. Maka kami ingin memberikan penghargaan kepada para pemuda yang dinilai telah memenuhi persyaratan dan kriteria sebagai Pemuda Hebat dari Kompetisi Kita Pemuda Kota Semarang,” katanya, Jumat (1/9/2023).

Syarat peserta adalah pemuda berusia 16-29 tahun pada tanggal 28 Oktober 2023, yang dibuktikan dengan KTP Kota Semarang/Kartu Identitas Anak.

Selain itu peserta juga tidak pernah melakukan perbuatan tercela, atau merugikan masyarakat dan/atau lingkungan, dibuktikan dengan surat keterangan dari polsek setempat. Peserta juga harus menyertakan surat keterangan dari pihak kelurahan terkait kegiatannya.

“Calon peserta kompetisi Kita Pemuda Kota Semarang adalah pemuda yang diusulkan oleh kelurahan tempat domisili yang bersangkutan, dibuktikan surat keterangan kelurahan. Juga memiliki karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” paparnya.

“Kegiatan ini juga melibatkan Karang Taruna Kota Semarang, HIPMI Kota Semarang, dan KNPI Kota Semarang,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Kita Pemuda, Gasca Askara Sanskritama mengatakan, para peserta nantinya diwajibkan membuat profil peserta dalam bentuk proposal dan video profil yang dikirim melalui link pengiriman yang disiapkan panitia.

Selain itu video peserta juga diunggah di akun Instagram masing-masing. “Nanti tanggal 6 September akan ada launching dan sosialisasi tentang teknisnya,” paparnya.

Ada empat kategori dalam kompetisi ini, yaitu Kita Pemuda Pendidikan (ikut memberikan inovasi dalam bidang pendidikan seperti wajar 12 tahun, kurikulum Merdeka, dll), Kita Pemuda Kesehatan (ikut menggelorakan program penanganan stunting, demam berdarah, angka kematian ibu, angka kematian bayi, dll).

Kita Pemuda Ketahanan Pangan (ikut menggelorakan program pertanian, urban farming, pasar murah, pengendalian inflasi, dll), dan Kita Pemuda Kreatif dan Inovatif (ikut menggelorakan berbagai kegiatan lain seperti pemasaran UMKM lokal, sertifikasi halal, lingkungan, olahraga, seni budaya, pariwisata, teknologi informasi, perlindungan anak dan perempuan, dll).

“Setiap kelurahan diperbolehkan mengusulkan masing-masing kategori satu peserta melalui pembuatan profil berupa proposal dan video dengan melengkapi persyaratan administrasi yang ditentukan panitia,” katanya.

Pendaftaran peserta dan pengiriman profil peserta dilaksanakan tanggal 4-30 September 2023, dan pengumuman kejuaraan akan dilaksanakan 28 Oktober 2023.

“Pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan diberikan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2023, dengan hadiah uang pembinaan tiap kategori yang tentunya menarik,” tandasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.