Bersama Jasa Raharja, Astra Motor Jateng Gelar Seminar Bangga Jadi Generasi #Cari_Aman di UNS

oleh

SOLO – Membawa tema “Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman”, telah digelar seminar oleh Main Dealer Astra Motor Jateng di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada Kamis (14/9/2023) dengan topik “Generasi Muda yang mengutamakan keselamatan dengan menghindari 5 perilaku berkendara yang berbahaya”.

Kegiatan seminar yang digagas oleh jurusan Pendidikan Teknik, Kejuruan Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan Teknik Mesin diikuti oleh 157 mahasiswa/i UNS.

Menurut data kecelakaan lalu lintas dari korlantas pada tahun 2022, jumlah sepeda motor yang terlibat adalah 74% dan usia yang memiliki prosentase 53% tertinggi berada direntang usia 14-39 tahun. Usia tersebut adalah usia belajar dan usia produktif.

Digagasnya seminar ini adalah salah satu bentuk kepedulian bersama untuk keselamatan berkendara usia produktif terutama dikalangan mahasiswa.

Plt Wakil Dekan 3 FKIP Prof Dr Triyanto dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan tahunan seminar safety riding ini perlu dipertahankan dikampus.

“Karena penting untuk meningkatkan potensi aman dan merubah mindset generasi muda agar mengutamakan keselamatan berkendara untuk dirinya, keluarga, lingkungan serta masa depannya,” katanya.

Kanit I Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jateng AKP Yuna Ahadiyah memberikan pemaparan angka kecelakaan di Jateng dan spesifik di wilayah Surakarta dan sekitarnya secara angka mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Juga disampaikan dalam forum tersebut bahwa kecelakaan yang dialami generasi muda di usia produktif justru terjadi di jalan yang bagus dan mulus, serta didominasi oleh pengendara yang tidak mengindahkan aturan berkendara, rambu, dan etika selama berlalu lintas.

Salah satu penyebab kecelakaan yang diungkap di seminar ini salah satunya gagal menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya.

Oke Desiyanto Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng dalam praktek menjaga jarak di depan peserta memberikan tips yaitu saat berkendara dapat memanfaatkan benda-benda sekitar yang tidak bergerak seperti pohon, tiang, dan sejenisnya sebagai referensi dalam menghitung detik agar menghasilkan jarak aman dengan pengendara yang di depan.

“Poin keselamatan dalam menjaga jarak aman adalah memberikan waktu dan ruang untuk bereaksi terhadap bahaya di depan. Penting juga bagi pengendara meningkatkan kemampuan prediksi bahaya. Simulasi di Honda Riding Trainer yang dapat ditemukan di beberapa dealer motor Honda secara gratis dan ikut pelatihan safety riding mampu meningkatkan skill berkendara mahasiswa/i,” ujar Oke.

Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Surakarta, Bagus Tri Maistiyanto menyampaikan bahwa BUMN bertanggung jawab mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas bagi penumpang, baik angkutan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki.

Kehadiran PT Jasa Raharja (Persero) memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial.

Yakni asuransi kecelakaan alat angkutan umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan asuransi tanggung jawab menurut hukum terhadap pihak ketiga yang dilaksanakan berdasarkan UU No 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan

Sesi pertanyaan menjadi lebih seru dan tajam muncul dari rekan-rekan mahasiswa yang lebih kritis dan ingin menyampaikan kegelisahan terhadap yang terjadi disekitar yang dirasa perlu perubahan.

Salah satunya adalah pertanyaan bagus dari mahasiswa tentang bagaimana cara bertransportasi yang aman dan nyaman hingga bisa mensukseskan demografi yang nantinya diisi oleh generasi muda yang bisa membawa indonesia lebih maju dan mengutamakan #Cari_Aman.

Tidak ketinggalan, secara special, AHASS Pratama Kurnia Kasih juga hadir mendatangkan service kunjung di lokasi UNS dengan berbagai promo menarik.

No More Posts Available.

No more pages to load.