Komitmen Terhadap Perlindungan Anak, Polda Jateng Raih Penghargaan dari Menteri PPPA

oleh

SEMARANG – Polda Jateng menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) atas komitmen dan konsistensinya dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menyerahkan penghargaan tersebut kepada Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi pada acara Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Semarang, Sabtu (22/7).

Menurut Bintang, pemberian penghargaan untuk jajaran penegak hukum, baru pertama kali dilakukan. Adapun penilaiannya berdasarkan beberapa indikator, utamanya dalam penanganan kasus yang melibatkan anak.

“Penghargaan pada aparat penegak hukum diberikan kepada instansi yang betul-betul mengawal kasus hukum untuk memberikan yang terbaik kepada anak,” katanya.

Terkait penilaian pada jajaran penegak hukum, Bintang menuturkan pihaknya banyak mendapat masukan dari Kompolnas, selaku instansi yang mengawasi dan mengevaluasi kinerja Polri.

“Bukan murni dari kementerian, tetapi bekerja sama dengan Kompolnas. Memberi masukan mana instansi yang betul-betul memberikan yang terbaik,” terangnya terkait pemberian penghargaan kepada Polda Jateng tersebut.

Bintang mengakui masih banyak pekerjaan rumah (PR) dalam memberikan perlindungan terhadap anak. Hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia masih banyak ditemukan kasus kekerasan terhadap anak termasuk pernikahan anak di bawah umur.

“Untuk menangani hal ini, pemerintah tidak bisa berkerja sendiri. Perlu komitmen dan kerja sama antara pemerintah, kementerian dengan masyarakat, dunia usaha termasuk media,” tandasnya.

Sementara, selain Polda Jateng, ada tiga polda lainnya yang memperoleh penghargaan, yakni Polda Sulawesi Tengah, Polda Maluku dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sejumlah kabupaten dan kota juga menerima penghargaan atas prestasinya sebagai kabupaten/kota layak anak (KLA).

No More Posts Available.

No more pages to load.